Tips Sukses Di Hari Pertama Bekerja

 

Setelah browsing dan searching informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda, lalu berulang kali mengirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan idaman, kemudian menjalani sesi interview yang membuat jantung Anda kebat-kebit, akhirnya kabar gembira pun Anda terima. Anda diterima sebagai karyawan. Lalu Anda pun mulai mempersiapkan mental dan fisik Anda untuk menjalani pekerjaan pertama Anda. Mungkin Anda akan merasa antusias, nervous, confused, atau bahkan biasa-biasa saja.

Apapun reaksi Anda menghadapi hari pertama bekerja, Anda pasti tahu bahwa perusahaan tersebut memiliki pengharapan besar terhadap Anda. Mereka mengharapkan Anda memiliki kualifikasi sesuai dengan CV yang dikirimkan, dan sesuai dengan penilaian dari wawancara. Berikut adalah tips yang bisa membantu Anda melewati hari pertama di tempat kerja dengan sukses dan bisa memberikan kesan baik bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

  1. Jangan terlambat.
    Apapun alasannya jangan sampai Anda datang terlambat karena hal tersebut menunjukkan ketidakseriusan Anda bekerja. Terlambat di hari pertama bekerja adalah ´aib´ yang akan Anda terus bawa selama Anda bekerja di perusahaan tersebut. Tinggal di kota yang rawan macet seperti Jakarta tidak bisa dijadikan alasan karena kemacetan bisa diantisipasi dengan berangkat lebih awal, atau mencari alternatif transportasi lain.
  2. Kenakan busana kerja formal.
    Apapun nature of business perusahaan tempat Anda bekerja, tetaplah kenakan busana kerja formal. Seiring waktu Anda bekerja di perusahaan tersebut dan Anda sudah bisa mengenali budaya perusahaan tempat Anda bekerja, barulah Anda bisa mengikuti cara mereka berpakaian. Misalnya, orang yang bekerja di bidang kreatif seperti advertising agency umumnya lebih ekspresif dalam menerapkan aturan gaya berpakaian.
  3. Bersosialisasi.
    Umumnya atasan Anda akan memperkenalkan Anda kepada rekan kerja Anda, namun jika tidak, perkenalkan diri Anda kepada mereka, dan jangan ragu untuk bertanya. Mereka mempunyai kewajiban untuk membantu rekan kerja.
  4. Ikuti aturan main.
    Mungkin ada beberapa hal dalam pekerjaan Anda berbeda dengan hal yang Anda pelajari di kampus, namun ingatlah Anda tidak memiliki kapasitas untuk merubah SOP atau hal lainnya sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa bulan pertama adalah bukan waktu yang tepat untuk merubah apapun, kecuali jika Anda memang diminta untuk melakukannya.
  5. Tetap jadi diri Anda sendiri.
    Untuk beberapa hari pertama, jadilah spons. Serap segala pengetahuan baru, ketahui budaya perusahaan, perlahan-lahan Anda akan tahu apa yang diharapkan dari Anda. Jujur dengan kemampuan Anda. Jangan menyanggupi jika Anda dihadapkan pada sebuah task yang tidak Anda pahami. Kenali lingkungan Anda tanpa merubah kepribadian Anda.
  6. Selalu siap menghadapi meeting.
    Dihari pertama Anda mungkin akan bertemu dengan banyak pihak, siapkan selalu notepad dan alat tulis.
  7. Don't complain.
    Mungkin ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan harapan Anda. Entah soal load pekerjaan yang tiba-tiba membludak atau hal sepele seperti suara AC yang berderu terlalu kencang. Apapun sebabnya, jangan gampang mengeluhkan sesuatu, bisa-bisa Anda dianggap sebagai whinger alias tukang keluh.
  8. Be a team player.
    Jika Anda mencantumkan kualifikasi ini dalam surat lamaran Anda, maka konsistenlah. Jika rekan kerja Anda pulang lebih lama dari, hang back dan tunggulah mereka. Jangan jadi orang pertama dalam tim Anda yang pulang. Ini juga kesempatan untuk mengenal rekan kerja lebih jauh dan mengetahui budaya perusahaan.

 

Remember! :
Kesan pertama selalu membentuk persepsi orang lain terhadap Anda. So berilah kesan yang terbaik kepada mereka.

 

source : id.jobsdb.com

 

holizonto line

ARTIKEL LAINYA..

7-tips-agar-mata-tetap-sehat-walau-bekerja-didepan-komputer MATA seseorang akan mengalami penurunan kualitasnya apabila sering digunakan. Salah satu contohnya, ketika kita sering menggunakan mata untuk melihat ke...
panduan-sahur-sehat-agar-tubuh-tak-lemas-saat-beraktivitas Supaya tetap bugar menjalani aktivitas seharian, sahur sebaiknya memang tidak dilewatkan. Sebab, makanan dan minuman saat santap sahur akan menjadi...
olahraga-ringan-di-kantorTerlalu lama diam dan duduk di depan meja kerja bisa membuat badan kurang fit dan rasa malas. Duduk terlalu lama saat bekerja dapat membuat otot tegang...
10-tips-membentuk-rencana-keselamatan-kerja (Managementfile – Risk) – Keselamatan kerja merupakan faktor yang sangat penting, bahkan harus menjadi prioritas dalam menjalankan pekerjaan. Ini...
tips-meningkatkan-kosentrasi-saat-bekerja --- Konsentrasi saat bekerja merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang pekerja. Karena jika kurang berkonsentrasi saat...
bagaimana-prinsip-dasar-mempersiapkan-keadaan-darurat-di-perusahaan       Kemungkinan akan timbulnya keadaan darurat adalah minim •Setiap orang dilokasi dapat diberi tahu ada keadaan...

 

 

Public Training 2017

Training Program

Facebook