Tetap segar dan sehat dikantor

Terlalu lama diam dan duduk di depan meja kerja bisa membuat badan kurang fit dan rasa malas.

Duduk terlalu lama saat bekerja dapat membuat otot tegang sehingga mengakibatkan nyeri pada bagian otot tertentu seperti leher dan punggung. Melakukan olahraga dan gerakan ringan dapat merelaksasi otot tubuh yang tegang dan membuat pikiran menjadi lebih segar.

Sempatkan waktu untuk istirahat sejenak di sela pekerjaan. Lenturkan tangan dan lengan secara teratur, terutama di sela-sela jam kerja.

Hal ini untuk mencegah carpall syndrom (nyeri pada pergelangan tangan, kesemutan, atau kebas pada jari-jari tangan) bahkan sakit punggung yang diakibatkan dari penggunaan komputer yang terlalu lama.

Olahraga Ringan di Kantor

Biasakan juga berbicara secara langsung, dengan menghampiri rekan kerja ke mejanya.

Kurangi pemakaian chat online atau email yang biasa digunakan sebagai media dalam berkomunikasi dengan rekan kerja.

Mengunjungi meja rekan kerja akan memberi ruang bagi tubuh untuk bergerak, juga membuat suasana kantor lebih bersahabat.

Sebuah penelitian menunjukkan, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius hingga 40 persen.

Bangunlah dari meja kerja anda, luangkan waktu untuk berjalan-jalan atau melompat-lompat. Lakukan gerakan tersebut selama 10 hingga 15 menit dan tubuh pun akan terasa segar kembali.

Jika tidak sempat beranjak dari tempat duduk, anda masih sempat untuk melakukan olahraga ringan di kursi kerja.

 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Lakukan peregangan pada pergelangan tangan dan kaki dengan melakukan gerakan memutar. Lanjutkan dengan gerakan yang sama pada bagian leher.
  • Arahkan telinga kanan ke arah bahu kanan, dan lakukan sisi sebaliknya. Akhiri dengan arahkan kepala ke dada secara perlahan. 3. Bahu Duduk tegak, angkat pundak ke atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.
  • Tangan Duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke kiri dan kanan secara perlahan.
  • Punggung Duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu dorong siku kiri ke arah pundak kanan dan tahan selama 5 detik. Ulangi untuk siku sebelah kanan.
  • Punggung & Kaki Pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. Ulangi untuk kaki kiri.
  • Paha & Kaki Duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Ulangi gerakan dengan kaki kiri (Sumber: FutureReady & CNI)

 

holizonto line

ARTIKEL LAINYA..

pikiran-negatif-ternyata-tidak-baik-bagi-kesehatan Kita sering beranggapan bahwa sakit yang kita derita pasti disebabkan gangguan fisik yang diakibatkat oleh adanya bakteri, virus, atau kelemahan fungsi...
mengidentifikasi-bahaya-kesehatan-di-tempat-kerja       Pengendalian hygiene dan kesehatan kerja Yang dimaksud pengendalian kesehatan dan hygiene adalah semua kegiatan...
cara-menjadi-produktif-dan-efektif-dalam-pekerjaan Pernahkan mengalami setelah selesai bekerja selalu merasa masih banyak hal yang belum sempat dikerjakan? Apakah diri Anda memakai moto sibuk seperti...
pentingnya-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-di-semua-sektor Seperti tercantum pada Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Paragraf 5 Pasal 87 Butir (1) tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, setiap perusahaan wajib...
bekerja-lebih-efisien-dengan-mengetahui-gaya-kerja Bagaimana cara seseorang bekerja pada dasarnya dapat dibagi menjadi 4 jenis atau gaya kerja, dan biasanya grup atau tim kerja yang baik memiliki...
tips-mengemudi-mobil-untuk-pemula Biasanya anda menyetir didampingi dengan seorang instruktur yang duduk dikursi sebelah anda. Kali ini anda harus menyetir sendirian dan ada perasaan...

 

Public Training 2017

Training Program

Facebook